وعَدَمُ الرِّضا بِحُكْمِ مُحَمَّدٍ عَلَيْهِ الصَّلاةُ والسَّلامُ كُفْرٌ، ويَدُلُّ عَلَيْهِ وُجُوهٌ:
الأوَّلُ: أنَّهُ تَعالى قالَ: ﴿يُرِيدُونَ أنْ يَتَحاكَمُوا إلى الطّاغُوتِ وقَدْ أُمِرُوا أنْ يَكْفُرُوا بِهِ﴾ فَجَعَلَ التَّحاكُمَ إلى الطّاغُوتِ يَكُونُ إيمانًا بِهِ، ولا شَكَّ أنَّ الإيمانَ بِالطّاغُوتِ كُفْرٌ بِاللَّهِ، كَما أنَّ الكُفْرَ بِالطّاغُوتِ إيمانٌ بِاللَّهِ.
الثّانِي: قَوْلُهُ تَعالى: ﴿فَلا ورَبِّكَ لا يُؤْمِنُونَ حَتّى يُحَكِّمُوكَ فِيما شَجَرَ بَيْنَهُمْ﴾ [النساء: ٦٥] إلى قَوْلِهِ: ﴿ويُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا﴾ [النساء: ٦٥] وهَذا نَصٌّ في تَكْفِيرِ مَن لَمْ يَرْضَ بِحُكْمِ الرَّسُولِ عَلَيْهِ الصَّلاةُ والسَّلامُ.
الثّالِثُ: قَوْلُهُ تَعالى: ﴿فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخالِفُونَ عَنْ أمْرِهِ أنْ تُصِيبَهم فِتْنَةٌ أوْ يُصِيبَهم عَذابٌ ألِيمٌ﴾ [النور: ٦٣] وهَذا يَدُلُّ عَلى أنَّ مُخالَفَتَهُ مَعْصِيَةٌ عَظِيمَةٌ، وفي هَذِهِ الآياتِ دَلائِلُ عَلى أنَّ مَن رَدَّ شَيْئًا مِن أوامِرِ اللَّهِ أوْ أوامِرِ الرَّسُولِ عَلَيْهِ الصَّلاةُ والسَّلامُ فَهو خارِجٌ عَنِ الإسْلامِ،
“Tidak rela terhadap hukum Nabi Muhammad ‘alaihish shalatu was sallam (syariat Islam) merupakan kekufuran dan ini ditunjukkan dari beberapa aspek:
Aspek pertama: Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta‘ala berfirman, ‘Mereka masih ingin untuk berhukum kepada thaghut, padahal mereka telah diperintahkan untuk kufur kepada thaghut itu,’ maka Allah Subhanahu wa Ta‘ala menetapkan bahwa berhukum kepada thaghut merupakan suatu keimanan kepada thaghut. Tidak ada keraguan bahwa keimanan kepada thaghut adalah kekufuran kepada Allah, sebagaimana kufur kepada thaghut adalah keimanan kepada Allah.
Aspek kedua: Allah Subhanahu wa Ta‘ala berfirman, ‘Maka demi Tuhanmu, mereka tidak beriman sebelum mereka menjadikan engkau (Muhammad) sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan,’ sampai firman-Nya, ‘dan mereka menerima dengan sepenuhnya.’ Ini merupakan dalil atas kafirnya orang yang tidak ridha terhadap hukum Rasul ‘alaihish shalatu wa sallam.
Aspek ketiga: Allah Subhanahu wa Ta‘ala berfirman, ‘maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah Rasul-Nya takut akan mendapat cobaan atau ditimpa azab yang pedih.’ Ini menunjukkan bahwasanya menyelisihi perintahnya merupakan maksiat yang besar dan ayat ini merupakan dalil bahwa orang yang menolak sesuatu dari perintah Allah atau perintah Rasul ‘alaihish shalatu was sallam telah keluar dari agama Islam.” [Tafsir ar-Razi via Tafsir.App]
Oleh : Muhammad Febby Angga وفقه الله
Tanggal : 26 Desember 2023
Sumber :